Senin, 11 Juli 2016

Kenali penyebab dan gejala kolesterol tinggi

Tulisan ini membantu anda mengenali penyebab dan gejala kolesterol tinggi agar dapat terhindar dari penyakit paling membunuh di dunia yaitu jantung dan stroke. 

Pengertian kolesterol tinggi

Apa itu Kolesterol ?

Kolesterol adalah sejenis lemak yang di produksi oleh hati dan disirkulasikan didalam pembuluh darah dan memiliki peran yang sangat penting untuk membentuk dan menjaga dinding cell. Kolesterol hanya dimiliki oleh hewan dan manusia dan tidak ditemukan pada tumbuh-tumbuhan. Pada dasarnya tubuh manusia mampu memproduksi semuga kebutuhan kolesterol sehingga tidak membutuhkan kolesterol dari external. Oleh karenanya para vegetarian pada umumnya lebih sedikit mengalami masalah kolesterol.

Jenis-jenis Kolesterol

Kolesterol Jahat / LDL

LDL sering disebut sebagai kolesterol jahat karena sangat berbahaya. Kolesterol jenis ini sangat mudah menempel pada oragan seperti dinding pembuluh darah dan kemudian menumpuk, menyebabkan aliran pembuluh darah menjadi tidak lancar dan menyebabkan berbagai macam keluhan tergantung pada daerah mana tumpukan kolesterol ini terjadi.

Kolesterol Baik / HDL

Berbeda dengan LDL, HDL justru memperlancar pembuluh darah dan mengurangi timbunan plaque yang sudah terjadi. Karena sifatnya yang membantu kelancaran peredaran darah maka HDL sering juga disebut sebagai kolesterol baik.
Kolesterol baik HDL
Kolesterol Jahat vs Kolesterol Baik

Trigliserida 

Trigliserida adalah sumber kolesterol eksternal selain kolesterol yg sudah terkandung pada bahan makanan. Berbeda dg kolesterol dari makanan yang sudah jadi, trigliserida ini bisa dibilang bahan setengah jadi berbentuk lemak yang kemudian berubah menjadi kolesterol setelah diproses oleh hati. Hanya mengkonsumsi makanan rendah kolesterol saja tidaklah cukup untuk mencegah kolesterol tinggi, akan tetapi juga harus dibarengi dengan makanan yg rendah lemak baik dari sumber hewani maupun nabati.

Kapan kolesterol disebut tinggi ?

Secara umum, kolesterol seseorang disebut tinggi apabila didalam darahnya mengandong total kolesterol lebih besar dari 240 mg/dl atau LDL (kolesterol jahat) lebih besar dari 190 mg/dl atau HDL (kolesterol baik) kurang dari 40 mg/dl atau Trigliserida lebih besar dari 500 mg/dl. Agar lebih mudah memahami kapan kolesterol disebut tinggi dan normal silahkan lihat gambar dibawah ini :
Patokan pengukuran kolesterol tinggi
Patokan klasifikasi kolesterol tinggi

Penyakit akibat kolesterol tinggi

Proses terbentuknya plaque oleh kolesterol tinggi
Proses terbentuknya plaque oleh kolesterol jahat
Kolesterol tinggi memang sangat berbahaya dan menyebabkan berbagai penyakit fatal yang menjadi penyebab kematian paling tinggi di dunia. Penyakit yang ditimbulkan bergantung pada organ mana timbunan plaque terjadi. Berikut adalah penyakit-penyakit yang disebabkan oleh kolesterol tinggi:

Serangan Jantung

Serangan jantung akibat kolesterol tinggi
Ilustrasi Serangan Jantung
Pada kondisi dimana kadar kolesterol dalam darah sangat tinggi, kolesterol dapat menempel dan menumpuk pada dinding pembuluh darah. Timbunan kolesterol ini (plaque) makin lama makin mengeras dan menyebabkan pembuluh darah makin menyempit dan memperlambat aliran darah ke jantung. Kondisi ini apabila dibiarkan akan menyebabkan rasa sakit di dada dan pada jika sudah menutupi seluruh pembuluh darah dapat menyebabkan serangan jantung yang sangat beresiko mengakibatkan kematian.

Stroke

Berbeda dengan serangan jantung, pada kasus stroke pembuluh darah yang diserang adalah pembuluh darah di otak. Sebagai akibat penyempitan pembuluh darah, otak tidak mendapatkan pasokan oksigen dan nutrisi yang cukup untuk berfungsi optimal. Kondisi stroke terjadi ketika aliran darah diblock secara signifikan atau pecah karena tidak kuat menahan tekanan yg tinggi sehingga otak menjadi tidak dapat berfungsi dan mati.

Darah tinggi

Sepertihalnya selang yg ditutup sebagian sehingga tekanan air menjadi lebih tinggi dan mencapai jarak yang lebih jauh. Hal yang sama terjadi dipembuluh darah, kolesterol dapat menyebapkan yg menutup pembuluh darah menyebabkan kelainan tekanan darah tinggi. Selain faktor emosi penderita darah tinggi yang dikenal tempramental, akibat fatal darah tinggi adalah mengakibatkan komplikasi yaitu rusaknya organ-organ lain karena tidak normalnya tekanan darah pada organ tersebut.

Penyebab kolesterol tinggi

Faktor Keturunan

Dari hasil penelitian para ahli, terdapat sifat genetik yang menentukan seberapa tingginya produksi kolesterol oleh tubuh seseorang. Pada beberapa keluarga ditemukan bahwa produksi kolesterol mereka selalu lebih tinggi meskipun tidak mengkonsumsi makanan yg mengandung kolesterol. Ada baiknya anda mengetahui riwayat penyakit keluarga anda yang berada pada ring satu (keluarga langsung satu level keatas, kebawah atau kesamping) untuk mengetahui apakah anda memiliki resiko kolesterol tinggi dari faktor genetik.

Faktor Usia

Masalah kolesterol bukanlah masalah yang tiba-tiba terjadi. Secara perlahan kolesterol menumpuk di pembuluh darah dan makin lama makin banyak seiring dengan bertambahnya umur. Oleh karenanya semakin tua seseorang maka semakin tinggi juga faktor resiko seseorang terhadap peyakit-penyakit yang diakibatkan oleh kolesterol.

Faktor Jenis Kelamin

Seperti diungkapkan diatas kadar kolesterol seseorang akan meningkat seiring dg bertambahnya umur. Akan tetapi pada wanita peningkatannya akan sangat drastis ketika memasuki masa menopause. Sebelum menopause, wanita pada umumnya memiliki kolesterol yang lebih rendah dari laki-laki. Akan tetapi setelah menopause terjadi peningkatan sehingga berada pada level yang lebih tinggi dibandingkan laki-laki.

Faktor Makanan

Makanan berkolesterol tinggi
Makanan berkolesterol tinggi
Selain faktor-faktor yang mempengaruhi tingginya produksi kolesterol seperti diatas, terdapat faktor makanan sebagai sumber eksternal kolesterol dari luar tubuh baik secara langsung dari makanan yg mengandung kolesterol maupun tidak langsung dari makanan yang mengandung lemak trigliserida. Kolesterol pada makanan hanya ditemukan pada makanan yang berasal dari hewan dan tidak ditemukan pada makanan yang berasal dari tumbuhan. Sedangkan lemak trigliserida selain dari sumber hewani juga berasal dari sumber nabati.

Faktor Aktivitas sehari-hari

Kebiasaan aktivitas kita sehari-hari terutama olahraga dan tidur ternyata sangat mempengaruhi kadar trigliserida dalam darah. Trigliserida yg pada dasarnya adalah lemak akan menumpuk jika kita kurang berolahraga atau tidur lebih dari 8 jam sehari. Akan tetapi bukan berarti tidur berakibat tidak baik untuk kolesterol, Jika anda tidur kurang dari 5 jam sehari sistem metabolisme tubuh akan terganggu sehingga menyebabkan kadar trigliserida juga meningkat.

Gejala kolesterol tinggi

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, tubuh manusia membutuhkan dan memproduksi sendiri kolesterol. Selain itu tubuh kita juga senantiasa berusaha untuk menjaga keseimbangan metabolismenya (homeostasis) melalui berbagai interaksi kompleks dari berbagai jenis faktor baik internal mupun eksternal. Adanya gangguan pada interaksi inilah yang menyebabkan tingginya kadar kolesterol dalam darah. 

Gejala-gejala yang timbul dari gangguan homeostasis ini khususnya yang berkaitan dg kolesterol dapat kita manfaatkan sebagai peringatan dini (early warning system) sehingga efek kolesterol yang lebih fatal dapat kita cegah sedini mungkin. Berikut adalah gejala kolesterol yang mungkin tidak kita sadari, jika anda memiliki dua atau lebih dari gejala kolesterol dibawah sebaiknya segera periksakan darah anda dan lakukan tindakan pencegahan sederhana seperti yang akan kita bahas pada artikel selanjutnya.

Gangguan pencernaan 

Gejala kolesterol tinggi pada pencernaan
Gejala kolesterol tinggi pada pencernaan
Tubuh kita menyerap hanya sepertiga dari kolesterol yang ada pada makanan. Terlalu banyak makan makanan yg mengandung kolesterol akan menyebapkan lebih banyak lemak yg tersisa dilambung dan usus sehingga menyebapkan gangguan buang air besar dan nafsu makan berkurang karena lambung menjadi dipenuhi oleh lemak. Terlalu Banyak lemak pada saluran pencernaan juga menyebapkan proses pencernaan dan penyerapan makanan menjadi terganggu sehingga tubuh kurang mendapatkan energy yang dibutuhkan untuk kegiatan sehari-hari dan menjadi lebih cepat lelah.

Menjadi pelupa, depresi dan emosi yang tidak stabil

Otak kita adalah organ yang mengandung paling banyak kolesterol dibanding organ lainnya. Sekitar 25% kolesterol manusia berada pada otak. Dari penelitian para ahli adanya ganggungan pada kadar kolesterol dalam darah ikut mempengharuhi kinerja otak dan menyebapkan seseorang menjadi lebih pelupa, depresi dan gangguan emosi lainnya.

Muncul bejolan kecil atau tahi lalat

Gejala kolesterol tinggi pada kulit
Gejala kolesterol tinggi pada kulit
Kolesterol yang sudah diserap tubuh beredar keseluruh organ, timbunan kolesterol dapat juga terjadi dibawah kulit sehingga membentuk benjolan atau tahi lalat. Hal ini pada umumnya mulai terjadi menjelang umur 40 tahun atau lebih dan muncul pada area perut, lengan, paha, leher dan kening.

Kegemukan

Tingginya lemak pada akhirnya akan ditimbun pada tubuh sehingga menyebapkan masa tubuh menjadi lebih besar. Timbunan lemak ini berbeda dengan otot dan secara fisik seseorang akan menyebabkan seseorang terlihat sangat gemuk (kegemukan).

Nyeri pada kepala (pusing), dengkul atau tulang belakang

Kolesterol yang menumpuk pada pembuluh darah akan menyebapkan sumbatan sehingga aliran darah menuju organ menjadi terganggu dan organ kurang mendapatkan asupan nustrisi yang dibutuhkan sehingga tidak dapat berfungsi dengan optimal. Hal ini kemudian menyebapkan rasa nyeri yang biasanya terjadi pada kepala (pusing), dengkul maupun tulang belakang tergantung pada pembuluh darah mana yang diserang kolesterol.

Jantung berdebar keras

Penumpukan kolesterol ini juga bisa terjadi pada saluran pembuluh darah pada jantung. Jika hal ini terjadi, jantung kemudian akan mencoba mempompa darah lebih keras sehingga menyebapkan efek jantung berdebar. Jika berlangsung dalam waktu lama maka akan menyebapkan rasa nyeri dan lebih fatal lagi menyebapkan kematian.
Pada artikel selanjutnya kita akan membahas dampak negatif dari pengobatan kolesterol dengan obat pabrik dan langkah langkah sederhana dan alami untuk mengobati kolesterol.

1 komentar:

  1. saya Sukiman seorang TKI DI MALAYSIA
    pengen pulang ke indonesia tapi gak ada ongkos
    sempat saya putus asa apalagi dengan keadaan susah
    gaji istri saya itupun buat makan sehari2. sedangkan hutang banyak
    kebetulan istri saya buka-buka internet Dan mendapatkan
    nomor MBAH KASSENG (0853-4288-2547) katanya bisa bantu orang melunasi hutang
    melalui jalan TOGEL dan dengan keadaan susah, terpaksa saya
    hubungi dan minta angka bocoran TOTO DAN MAGNUM
    angka yang di berikan waktu itu 4D yang nombor 1
    ternyata betul-betul tembus 100% alhamdulillah dapat 269.jt Oleh Karna itu saya posting no HP MBAH KASSENG ini supaya saudarah-saudara ku di indonesia maupun di luar negri yang sangat kesulitan masalah ekonomi (kesusahan) jangan anda putus asa. Karna jalan masih panjang yang penting anda tdk malu atau takut menghubungi MBAH KASSENG. Semua akan berubah Karna kesuksesan ada pada diri kita sendiri. Yakin dan percaya bahwa itu semua akan tercapai berkat bantuan dari mbah AMIN.
    MBAH KASSENG
    NO: 0853-4288-2547 / +6285-342-882-547

    BalasHapus